Gubernur Papua Lukas Enembe Berikan Perhatian OAP Melalui Beasiswa Pendidikan

Jayapura – Gubernur Papua Lukas Enembe memberikan perhatian yang besar terhadap Orang Asli Papua (OAP) melalui beasiswa belajar di berbagai perguruan tinggi negeri di Indonesia hingga luar negeri.

“Ada sekira 3.000-an anak-anak asli Papua sudah mendapat beasiswa program pendidikan tinggi untuk belajar di universitas negeri dalam dan luar negeri yang telah diberikan pemerintah provinsi, ” ujar Kadis Komunikasi dan Informatika Papua Jery Yudianto dalam menjawab ANTARA terkait pendidikan anak asli Papua,Selasa.

Diakuinya, melalui program pendidikan sebagai prioritas daerah yang disediakan pemerintah hingga saat ini sudah banyak anak asli Papua menyandang gelar sarjana dan lulusan keahlian perguruan tinggi negeri di Indonesia hingga luar negeri melalui program afirmasi pendidikan orang asli Papua.

Bahkan ada ribuan anak asli Papua mendapat beasiswa program pendidikan, kata Jery.

“Sebagian besar anak asli Papua yang mendapat beasiswa dapat menyelesaikan studi dengan baik di bidang keahlian seperti dokter, pilot penerbangan hingga tenaga ahli madya profesi lain dari lulusan perguruan tinggi tertentu,” ujarnya.

Ia mengakui adanya kebijakan Gubernur Papua Lukas Enembe untuk pendidikan beasiswa dapat meningkatkan mutu kualitas sumber daya manusia orang asli Papua untuk dapat membangun daerahnya sendiri.

“Program afirmasi pendidikan anak asli Papua terus mendapat perhatian dari pemerintah pusat maupun Gubernur Papua Lukas Enembe karena dengan pendidikan inilah mampu memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia Papua,” tambahnya.(Ant)