Beranda Daerah Empat Kepala Daerah Hasil Pilkada 2020, Dilantik Gubernur Papua Barat

Empat Kepala Daerah Hasil Pilkada 2020, Dilantik Gubernur Papua Barat

Manokwari, sahabatrakyat. com – Gubernur Dominggus Mandacan melantik empat pasangan Bupati dan Wakil Bupati di Provinsi Papua Barat yang merupakan hasil pemilihan kepala daerah atau Pilkada serentak pada Desember 2020.

Empat pasangan kepala daerah di Papua Barat yang dilantik Gubernur Dominggus Mandacan, Jumat, di Manokwari yakni Bupati dan Wakil Bupati Manokwari, Manokwari Selatan, Raja Ampat, dan Pegunungan Arfak yang akan menjabat hingga 2025 mendatang.

Dalam sambutannya pada acara pelantikan yang menerapkan protokol kesehatan, Gubernur Dominggus Mandacan mengatakan bahwa pelatihan dilaksanakan berdasarkan Pasal 164 ayat 1 UU No.10 Tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UU No.1 Tahun 2015 tentang penetapan Peraturan Pemerintah pengganti UU tersebut tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota menjadi UU, yang menyatakan bahwa Bupati/Walikota dan para wakilnya dilantik oleh Gubernur bertempat di Ibukota Provinsi.

Dia menjelaskan, Pilkada serentak pada Desember 2020 berlangsung di sembilan daerah Provinsi Papua Barat yakni kabupaten Manokwari, Manokwari Selatan, Raja Ampat, Kaimana, Fakfak, Sorong Selatan, Pegunungan Arfak, Teluk Bintuni, dan Teluk Wondama.

Dari sembilan daerah tersebut, delapan daerah sudah ditetapkan pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih oleh KPU. Hanya satu daerah yang belum ditetapkan karena menunggu putusan MK yaitu kabupaten Teluk Wondama.

Pelantikan hari ini hanya empat daerah sudah ditetapkan kepala daerah oleh KPU yakni kabupaten Manokwari, Manokwari Selatan, Raja Ampat, dan Pegunungan Arfak.

“Sedangkan empat daerah lain yang juga sudah ditetapkan kepala daerah oleh KPU yakni Sorong Selatan, Fakfak, Kaimana, dan Teluk Bintuni akan dilakukan secara bertahap disesuaikan dengan berakhirnya masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati periode 2016/202,”ujarnya.

Gubernur berharap empat Bupati dan wakil Bupati yang dilantik dapat merangkul semua elemen masyarakat serta melaksanakan visi-misi yang telah disampaikan kepada masyarakat pada masa kampanye Pilkada.

“Bekerjalah yang tekun  siang dan malam, memastikan rakyat di seluruh pelosok bisa merasakan kehadiran pelayanan pemerintah melalui layanan dasar berupa air bersih, listrik, akses jalan hingga layanan pendidikan dan kesehatan dengan kualitas baik,” kata Dominggus.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada KPU   beserta Bawaslu selaku penyelenggara pemilu yang telah bekerja maksimal dalam menjalankan amanat UU pada Pilkada 2020.

“Saya juga berterima kasih kepada aparat keamanan TNI/Polri dan ketua Satgas COVID-19 provinsi dan kabupaten yang telah bersinergi dalam memastikan pelaksanaan Pilkada serentak tanggal 9 Desember 2020 berlangsung dengan sehat, aman dan damai,” tambah dia.(Ant)