Sebanyak 59 Gardu Listrik Terdampak Cuaca Ekstrim di Jayapura

Jayapura – Sebanyak 59 gardu listrik terdampak cuaca ekstrim yang melanda Kabupaten Jayapura dan sekitarnya sehingga PLN berupaya mempercepat penormalan suplai listrik kepada pelanggan dengan mengerahkan 39 petugas.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat Moch. Andy Adchaminoerdin dalam siaran pers kepada Antara di Jayapura, Rabu, mengatakan sehingga enam dari delapan penyulang dan 54 gardu dari total 59 gardu terdampak akhirnya telah berhasil dipulihkan.

“Kami berupaya semaksimal mungkin untuk memulihkan sistem kelistrikan di Jayapura dan sekitarnya,” katanya.

Menurut Andy, setelah kondisi memungkinkan, pihaknya langsung memulai pemulihan di mana progresnya telah mencapai 87 persen.

“Total ada 1067 pelanggan terdampak akibat kondisi ini,” ujarnya.

Dia menjelaskan kini 1.000 pelanggan sudah dinyalakan listriknya, lalu di sisi jaringan, lima gardu lainnya masih dalam proses pemulihan oleh petugas di lapangan, pasalnya, beberapa di antaranya tertimpa pohon tumbang.

“Lokasi-lokasi terdampak di Kabupaten Jayapura yang kini masih dalam penormalan oleh petugas PLN yakni Kampung Depapre, Kampung Yepase, Kampung Yewena, Kampung Wambena dan Kampung Dormena, Genyem Kota dan sekitarnya,” katanya lagi.

Dia menambahkan suplai daya dari pembangkit dalam kondisi aman sehingga pihaknya berharap agar petugas segera menyelesaikan perbaikan jaringan dengan cepat dan listrik dapat segera pulih.(Ant)